Trik Cara Memasang Piston Honda Tiger

Posted on

Trik Cara Memasang Piston Honda Tiger – Naik atau turunnya piston pada blok silinder sebuah kendaraan merupakan tekanan atau gesekan dari piston tersebut. Dilihat dari cara kerjanya sendiri, sisi piton sebelah kanan dan kiri akan mendapat tekanan berbeda satu sama lain dari stang piston, pasalnya karena gaya putar dari komponen kruk as.

Maka dair itu kita selaku pemilik kendaraan perlu memahami betul tentang cara memasang piston motor, khususnya piston lawas seperti pada milik Honda Tiger varian terdahulu. Untuk varian Tiger lawas, memiliki jarak titik tengah lubang pin menuju sisi luar piston atau offsite, lain halnya dengan piston pada motor keluaran terkini. Pada type piston lawas, terdapat lubang pin yang condong ke arah lubang exhaust atau lubang buang.

trik-cara-memasang-piston-honda-tiger

Hal ini dimaksudkan supaya nantinya pin piston serta pin kruk as berada ada posisi berlawanan alias tidak searah. Sehingga membuat proses pembakaran diruang bakar nanti, piston dan kruk as bisa berputar secara optimal tanpa hambatan. Jika salah dana menentukan atau memasang piston dan malah piston terbalik, efek yang muncul nantinya membuat power mesin menurun meski tuas gas sudah ditarik maksimal dan mesin mengeluarkan suara aneh ketika dinyalakan.

Agar mempermudah para penggunanya ketika hendak memasang piston, para pabrikan termasuk Honda telah memberi tanda pada permukaan piston tersebut. Tanda yang diberikan bisa berupa tanda panah atau tulisan IN. Untuk piston dengan tanda tulisan IN, maka usahakan tulisan IN tersebut mengarah pada lubang masuk atau intake. Jika permukaan piston terdapat tanda panah, maka arah tanda tersebut ke lubang buang atau exhaust.

Tapi ada juga tanda atau coakan yang hilang akibat terkikis oleh gesekan dengan bor tunner saat motor digeber. Terutama bagi motor yang khusus disetel untuk mengikuti balapan. Tidak sedikit memang mekanik yang bisa memainkan tinggi rendahnya suatu posisi dari kubah piston atau dome, hal tersebut bertujuan agar bisa menyeimbangkan dengan kompresi yang dihasilkan dan tidak tertahan di klep.

Untuk anda yang memang belum paham betul tentang cara memasang piston pada honda tiger, maka tinggal lihat saja tanda atau coakan yang terdapat dibagian permukaannya. Cara tersebut terbilang mudah karena tanda atau coakan bertulisan IN dan tanda panah memiliki ukuran atau dimensi berbeda satu sama lainnya. Hal ini supaya piston bisa sesuai dengan ukuran dari payung klep yang ada. Sampai disini anda sudah bisa memasang piston sendiri, arahakn kepala piston dengan ciakan atau tanda besar ke ara lubang masuk, umumnya memang mengarah pada lubang masuk atau intake tersebut.

Mungkin cukup sampai disini dulu perbincangan kita kali ini tentang cara memasang piston honda tiger sendiri dirumah dengan mudah, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *