Cara Mudah Pasang Saklar Lampu di Motor AHO (Automatic Headlamp On)

Posted on

Cara Mudah Pasang Saklar Lampu di Motor AHO (Automatic Headlamp On) – Automatic Headlamp On atau di singkat dengan AHO adalah salah satu sistem yang saat ini di terapkan pada sepeda motor terbaru. Automatic Headlamp On tersebut memungkinkan pada lampu utama motor akan menyala terus ketika motor di hidupkan, dalam artian di sini yaitu lampu tersebut tidak mempunyai saklar. Hal tersebut sudah di terapkan oleh beberapa produsen otomotif di karenakan adanya peraturan baru yang mengharuskan lampu harus mnyala di siang hari.

Walaupun banyak menuai kontofersi, pihak kepolisian menilai dengan menyalakan lampu setiap saat akan mengurangi tingkat kecelakaan yang saat ini sudah menyentuh angka lumayan cukup besar. Akan tetapi sistem AHO juga sering kali menimbulkan gangguan.Salah satu contoh nya yaitu saat melewati jalan gang kecil karena lampu tidak bisa di matikan bisa menimbulkan silau orang di sekitarnya. Nah, jika anda ingin mematikan lampu tersebut solusinya yaitu harus memasang saklar.

Cara Mudah Pasang Saklar Lampu di Motor AHO

Cara untuk memasang saklar lampu Autometic Headlamp On ini bisa kita akali dengan mengganti saklar bawaan sepeda motor dengan saklar dari motor lain yang pas. Salah satu contohnya yaitu buat motor mio j bisa menggunakan saklar motor mio lawas, atau jika motor honda CBR150R bisa menggunakan saklar supra x 100. Untuk motor lainnya silahkan anda sesuaikan sendiri.

Untuk harga sebuah saklar supra x 100 yang original yaitu di kisaran seharga 200 ribuan, namun jika anda memilih yang imitasi harganya sekitar 85 ribuan saja. Yang imitasi kualitasnya juga lumayan bagus kok. Pada pemasangannya memang membutuhkan ketelitian, pasalnya selain saklar on/off lampu juga ada saklar jauh pendeknya,klason dan juga sein. Karena saklainya banyak maka tentu saja membutuhkan kabel yang bayak dalam pembuatan saklar. Jika anda bingung untuk memasangnya anda bisa membawanya ke bengkel dan serahkan saja ke mekaniknya, di jamin pasti beres. hehee ๐Ÿ˜€ .

Akan tetapi jika anda tetap ingin membuatnya sendiri, kuncinya adalah jeli untuk memasang saklar tersebut karena berhubungan dengan kelistrikan. Sebenarnya lumayan cukup mudah ko untuk membuat saklar pada lampu motor yang sudah menggunakan sistem AHO tersebut. Bagi anda yang ingin membuat saklar sendiri bisa ikuti langkah di bawah ini.

  • Pertama anda cari kabel dari kiprok yang akan menuju ke saklar sauh dan dekat.
  • Nah, jika anda sudah menemukannya potong kabel tersebut dan pasang di ke dua kaki saklar lampu yang baru.
  • Untuk saklar lainnya anda tinggal di sesuaikan saja, kan pada sepeda motor yang sudah menggunakan lampu AHO juga sudah tersedia. Salah satu contoh yaitu pada kabel yang ada di saklar klakson motor AHO tinggal di potong kemudian sambungkan saja ke saklar baru, begitu juga dengan kabel – kabel lainnya.
  • Jika semua kabel sudah terpasang, anda jangan lupa untuk mengeceknya satu per satu.
  • Nah saat ini lampu motor anda bisa di matikan dan di nyalakan dengan saklar dan kini anda tidak usah khawatir lagi membuat orang silau terhadap motor anda.

Itulah cara mudah memasang saklar pada motor yang menggunakan lampu AHO, Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Ikuti terus informasi – informasi lainnya di spekengine.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *