Tips dan Trik Memperbaiki Ball Joint dan Tie rod Yang Rusak

Posted on

Tips dan Trik Memperbaiki Ball Joint dan Tie rod Yang Rusak – Setelah sebelumnya kami memberikan informasi mengenai Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok Kehabisan Bahan Bakar dan juga Kumpulan Merek Motor Matic Irit Bahan Bakar. Kali ini kami akan membahas topic yang berbeda yaitu Cara memperbaiki ball joint dan tie rod yang sudah mengalami kerusakan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Ball joint dan tie rod ialah bagian dari komponen kemudi yang berada di kendaraan roda empat ya.. sebut saja mobil. Dengan seiringnya bertambahnya usia pemakaian kandaraan dan sering melewati jalan yang bergelombang dan rusak, komponen tersebut akan mengalami kerusakan.

Ciri โ€“ ciri komponen tersebut sudah mengalami kerusakan yaitu goyang atau longgar akibat bantalan di dalam joint sudah mengalami keausan. Jadi jika mobil anda menginjak jalanan yang bergelombang atau pun jalanan yang sudah rusak maka akan terdengar bunyi dan jika setir kemudi di golang โ€“ goyang, maka akan terasa free ply atau jarak bebas terlalu panjang, dan terlihat tie rod akan goyang. Untuk komponen ball joint, kalau roda di angkat dengan menggunakan dongkrak dan di goyang โ€“ goyang atas bawah, maka akan terasa roda kemudi bergoyang.

Tips dan Trik Memperbaiki Ball Joint dan Tie rod Yang Rusak

Nah, kita kembali lagi ke pembahasan kita yakni cara memperbaiki ball joint dan tie rod. Ternyata cara untuk memperbaikinya yaitu anda harus membongkar dan mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Namun jika anda mengalami kesulitan dalam memperbaikinya, anda bisa lihat cara memperbaiki ball joint dan tie rod yang rusak di bawah ini.

Langkah pertama yaitu, buka tie rod dan ball joint

Cara untuk membuka ball joint dan tie rod yakni dengan melepas pin pengaman mur, kendorkan dan setelah itu buka mur tersebut. Setelah itu buka joint dengan emnggunakan kunci khusus untuk membuka tie rod, atau anda juga bisa memukul mukul dudukan dengan menggunakan palu.

Langkah kedua yaitu, pukul sampe seret

Nah, jika anda sudah berhasil melepasnya, lalu buka karet boot nya dan ambil pipa dan masukkan joint lalu pukul dengan menggunakan palu hingga seret dan ball joint atau tie rod tidak longgar lagi.

Langkah ketiga yaitu, pasang kembali dan sporing

Setelah selesai, pasang kembali ke kemudi dan jangan lupa berilah stemplet. Dan juga boot pasanglah kembali. Jika perlu kendaraan anda langsung di spooring dan balancing.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki ball joint dan tie rod yang sudah mengalami kerusakan. Semoga info di atas bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *