Tips dan Trik Cara merawat mobil bekas yang baik

Posted on

Tips dan Trik Cara merawat mobil bekas yang baik – Mobil bekas merupakan salah satu alternatif jika kita ingin memiliki sebuah kendaraan roda empat untuk pertama kali nya, dengan anggapan biaya yang lebih terjangkau hingga perawatan dalam tahap perkenalan pertama. Tak ada salahnya juga jika kita membeli sebuah mobil bekas, semua kembali lagi kepada pendanaan dan cara bagaimaa kita dalam memilih mobil bekas yang masih prima.

Advertisement

Namun, kita perlu waspada pada mobil bekas yang pernah kebanjiran atau pernah terendam banjir, psalanya hal tersebut akan sangat merepotkan, dari mulai mesin yang basah akibat kebanjiran hingga sistem kelistrikan, bisa kita bayangkan bersama bagaimana kalau bagian-bagoan kelistrikan tersebut kebanjiran, belum lagi untuk ruangan interion, tangki bahan bakar dan masih banyak lagi.

Cara merawat mobil bekas yang baik

Advertisement

Sesudah membeli mobil bekas pasti yang dipikirkan selanjutnya adalah cara untuk merawat mobil bekas tersebut dengan baik dan benar, memang pemeliharaan atau perawatan mobil bekas sangat penting dilakukan untuk mengecek apakah ada komponen yang mengalami kerusakan, pasalnya jika kurang perawatan dan telah terjadi kerusakan maka hubungannya langsung ke biaya servis yang tentu tidak sedikit.

Berbicara soal mobil bekas, disini kami akan membagiakn tips dan trik cara merawat mobil bekas yang baik dan benar. Bagi anda para pemiliki mobil bekas, nampaknya jangan sampai melewatkan ulasan kami yang satu ini. Berikut cara merawat mobil bekas yang baik dan benar.

  1. Perhatikan kondisi dari komponen kaki-kaki mobil, misalnya rem, sil-sil, ban hingga skok/per, pastikan semua komponen tersebut dalam kondisi prima.
  2. Gantilah oli secara berkala, hal ini dimaksudkan karena oli berfungsi meminimalisir gesekan internal antara komponen dalam mesin, oli yang usang atau jumlah yang berkurang tentu akan sangat berpotensi dalam menimbulkan gesekan antar komponen sehingga membuatnya cepat aus dan rusak. Maka dari itu lakukan pergantian oli secara berkala sesuai jarak tempuh mobil dan kebutuhan mesin mobil itu sendiri.
  3. Periksa bagian radiator, pasalnya komponen ini memiliki fungsi sebagai pendingin suhu mesin mobil. Dalam sistem penggunaannya, air pada radiator perlu diganti berkala dan periksa juga apakah telah terjadi kebocoran, jika radiator mengalami kebocoran segera perbaiki ke bengkel terdekat.
  4. Jangan sampai tangko kehabisan bahan bakar, jika hal ini terjadi akan mengakibatkan karat pada tangki sehingga menjadikannya bocor.
  5. Timing belt diganti secara berkala, bagian yang satu ini adalah sabuk dengan fungsi meneruskan rotasi roda -roda gigi yang tersambung ke bagian dalam mesin. Usia darii timing belt sendiri biasanya bisa dilihat dari jarak tempuh yakni setiap 40.000 km.
  6. Lakukan langkah Tune up sesekali atau setiap dua bulan sekali, hal ini demi memastikan filter bahan bakar, busi dan oli bekerja dengan baik dan optimal.
  7. Lakukan juga perawatan pada cat mobil, pastikan terbebas dari air dengan kandungan asam tinggi seperti air laut dan air hujan karena mampu merusak cat mobil serta body mobil yang kita miliki.

Nah itulah tadi cara merawat mobil bekas dengan baik dan benar yang telah kami rangkum untuk anda semua. Sayangi mobil yang kita miliki walaupun mobil tersebut merupakan barang bekas, karena membelinya dengan uang yang kita kumpulkan dari hasil keringat sendiri. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *