Inilah Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

Posted on

Inilah Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem – Tak bisa dipungkiri lagi jika rem merupakan komponen yang sangat penting keberdaanya disemua kendaraan bermotor, baik mobil atau motor. Pada saat rem menunjukan gejala atau sistem kerja yang tidak normal, tentu pada saat berkendara kita kurang merasa nyaman. Untuk beberapa kasus, penyebab rem mobil kurang pakem bisa dikarenakan beberapa komponen yang ada pada sistem pengereman mengalami masalah atau kerusakan, hal ini mungkin saja karena para pemilik kendaraan yang malas untuk mengecek kondisi semua komponen rem pada mobil.

Komponen pada sistem rem yang mengakibatkan kurang pakem nya rem antara lain adalah master rem atas mengalami kebocoran dan bisa juga karena servo atau booster rusak. Selain kedua komponen tersebut masih banyak lagi komponen yang dapat menjadi penyebab rem mobil tidak pakem. Nah, untuk itu kami disini akan membagikan informasi mengenai penyebab rem mobil tidak pakem untuk anda semua.

Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

  • Master Hoidrolik Rem Bagian Bawah Macet atau Bocor

Kondisi master rem yang mace akan menyebabkan piton rem tidak bekerja secara maksimal dalam mendorong kamvas rem dan tentu saja akan mengakibatkan rem tidak pakem bahkan blong. Hal seperti ini sering kali ditandi oleh pedal rem keras ketika di injak. Begitu juga jika terjadi kebocoran, tentu selain tenaga pendorong piston tidak ada, kanvas rem juga akan licin dan basah sehingga menyebabkan rem tidak pakem bahkan ngelos.

  • Kanvas Rem Tipis atau Basah

Masih erat kaitannya dengan master rem bocor, jika kondisi kanvas rem basah maka rem tidak akan pakem karena licin dan jika komponen ini tipis maka sistem pengeremanpun tidak akan beroperasi dengan baik alias tidak pakem.

  • Master Hodrolik Rem Bagian Atas Bocor atau Rusak

Rem mobil yang tidak pakem bisa disebabkan karena master rem bagian atas mengalami kerusakan, bisa karena sil bocor atu sudah aus. Keausan sil bisa kita lihat pada permukaan tabung minyak rem kerika di kocok dan di injak beberapa kali minyak rem tidak turun dan malah kembali ke atas. Jika mengalami kebocoran, bisa dilihat diantara bagian master rem dan booster. Namun jika minyak rem cepat habis padahal tidak ada komponen yang bocor, itu tandanya minyak mengalir atau masuk ke bagian servo atau booster dan seiring waktu dapat menyebabkan pedal rem keras.

  • Booster Rem atau Servo Mengalami Kerusakan

Kerusakan pada komponen ini akan mengakibatkan pedal rem pada saat di injak terasa keras, penyebabnya mungkin saja karena minyak rem masuk ketika master atas mengalami kebocoran, selang vacum servo bocor atau bisa karena sil servo bocor. Tanda-tanda sil dan selang vacum servo bocor, maka akan keluar bunyi desis udara ketika pedal rem di injak atau pada saat mesin pertama kali dinyalakan.

  • Selang Saluran Minyak Rem dan Selang Fleksibel Mampet

Jika kedua selang pada sistem pengereman tersebut mampet, akibatnya tentu saja akan menjadikan rem tidak pakem atau bisa blong. Pada saat niple pembuangan angin minyak rem terbuka maka minyak rem tidak dapat keluar karena selang-selang tersebut mampet.

Baca juga : Inilah Coil Mobil Cepat Panas

Sedikit tips perbaikan dari kami adalah diawali dari bagian master rem bawah lalu bagian atasnya, setelah itu anda bisa ke bagian kanfas semabri memeriksa komponen lain atau bila perlu anda bersihkan. Sekian pembahasan kali ini tentang penyebab rem mobil tidak pakem, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *