Inilah Penyebab Power Steering Keras

Posted on

Inilah Penyebab Power Steering Keras – Pernahkah anda mengalami kerasnya setir mobil ketika digerakan? Ya, keras nya setir mobil ketika digerakan ini memiliki beragam penyebab, diantaranya servis yang tidak berkala atau tidak teratur, tekanan ban rendah, kurangnya pelumas hingga aligment roda yang buruk atau tidak seimbang. Padahal cara mengatasi permasalahan pada power steering yang keras atau berat cukup mudah untuk dilakukan.

Pada saat kondisi mobil baik dan normal, biasanya roda kemudi bergerak fleksibel saat berputar. Namun sering kali dijumpai masalah dimana tidak optimalnya kerja dari roda kemudi tersebut, jadi akan sangat menguras energi ketika akan melakukan putaran. Hal ini tentu tidak akan memberi rasa nyaman pada pengemudi saat berkendara dijalanan yang berkelok-kelok seperti dipegunungan. Dalam beberapa kasus bisa saja membahayakan sipengemudi tersebut. Nah, untuk mengetahui penyebab dari power steering keras atau berat, kami telah menyiapkan ulasan menariknya dibawah ini.

Penyebab Power Steering Keras

Pemasalahan power steering yang keras atau berat jangan pernah dibiarkan. Karena komponen power steering ini memiliki andil penting dalam menjaga keselamatan berkedara dijalanan.

Penyebab power steering kerat atau berat.

1. Cairan power steering rendah

Cairan yang kurang ini merupakan masalah yang sangat fatal. Power steering yang berfungsi dengan baik biasanya didukung cairan power steering yang memadai untuk memebri tekanan pada piston dibagian dalam pinion dan rack. Cairan ini dari waktu ke waktu akan berkurang jadi akan menurukan gaya dari piston. Jika hal ini terjadi, tentu saja power steering keras dan berat sehingga akan sangat susah pada saat memutar ruda depan mobil. Tentu dibutuhkan tenaga yang besar pada saat akan melakukan putaran.

2. Power steering belt rusak

Hampir semua sistem power steering pada mobil telah dibekali dengan power steering belt. Dimana cara kerja dari komponen ini adalah memulai dan menghentikan putaran. Komponen yang satu ini juga sangat rentan sekali rusak, diantaranya adalah putus, longgar dan masih banyak lagi. Pada saat piranti power steering belt ini mengalami kerusakan, maka anda power steering tidak bekerja dan otomatis anda akan kesulita pada saat ingin memutar kemudi.

3. Rack (rak) kemudi rusak

Rak kemudi adalah salah datu bagian rak dan pinion pada sistem power steering mobil. Komponen ini merupakan bagian fital untuk memudahkan kerja sistem power steering. Pemakaian dalam jangka waktu yang panjang, rak kemudi biasa menglami keausan. Jika hal ini terlanjur terjadi, maka kemudi akan lebih susah untuk diarahkan. Nah, pada saat kesulitan mengarahkan kendaraan ketika mobil dinyalakan, besar kemungkinan bagian ini mengalamu kerusakan.

4. Tekanan ban yang rendah

Selain ketiga komponen tersebut yang mengalami kerusakan atau permasalahan. Seringkali tekanan ban yang rendah mengakibatkan power steering terasa keras atau berat untuk diarahkan. Maka dari itu anda harus sering-sering mengecek tekanan bannya.

Mungkin cukup sampai disini dulu perbincangan kita mengenai penyebab power steering keras atau berat. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *