Inilah Penyebab Busi Motor Cepet Mati Atau Rusak

Posted on

Inilah Penyebab Busi Motor Cepet Mati Atau Rusak – Busi merupakan salah satu suku cadang motor yang proses pemasanganya dibagian mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode di ruang bakar. Busi dipasang buat memenuhi tugasnya untuk membakar bensin yang sudah dikompres oleh piston. Busi memiliki bentuk yang kecil sehingga kadang sering kita lupakan, padahal keberadaanya memiliki peran yang sangat vital dalam sistem pembakaran mesin. Part yang satu ini membutuhkan perhatian dan juga perawatan yang rutin sebab jika busi motor rusak dan bermasalah maka motor anda bakal mogok atau tidak dapat hidup secara normal.

Namun dalam beberapa kasus, busi motor juga kadang mengalami hal-hal yang yang tidak kita inginkan seperti rusak dan tidak bisa bangun. Nah untuk anda yang ingin tahu penyebab dan cara mengatasi hal tersebut, silahkan anda simak informasi selengkapnya yang ada dibawah ini.

Penyebab Busi Motor Cepet Mati

1. Kebocoran Kompresi Mesin

Kebocoran kompresi maka hilangnya tekanan pada ruang silinder ruang pembakaran. Hal ini menjadikan proses pembakaran menjadi kurang sempurna dan juga tenaga mesin akan ngempos. Motor yang anda kompresi mesinnya bocor dan akan terasa lambat tarikan gasnya walaupun grip gas yang sudah dibuka penuh.

2. Solusi Kebocoran Kompresi Mesin

Pakai compression tester buat ditancapkan ke lubang busi lalu mesin dislah untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi. Dengan cara ini anda bisa mengecek apakah ada kebocoran pada kompresi mesin. Bila ini terjadi kami sarankan jika bawa motor anda ke AHASS yan g mlenkap.

2. Setelan Bahan Bakar Tidak Pas

Salah mengatur bahan bakar bia berakibat hisapan bensin terlalu banyak. Hal ini umumnya terjadi pada motor yang memang masih menggunakan karburator. Dalam kondisi ini penggunaan karburator menjadi banjir yang mengakibatkan ruang mesin terlalu banyak bensin sehingga menjadi lembap dan cepat kotor.

3. Korsleting Pada Jalur Pengapian

Korsleting ini menjadikan motor menjadi ngadat (brebet). Korsleting ini pun menjadi alat pengapian layaknya koil, cdi spuldan juga cepat mati. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan lebih mudah untuk mendeteksi konsleting slur pengisian.

Baca juga artikel mengenai Ciri-Ciri Waterpump Mengalami Kerusakan. Demikianlah informasi kami kali ini mengenai Penyebab Busi Motor Cepet Mati Atau Rusak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *