Inilah Fungsi Pegas Radial Pada Plat Kopling, Yang Berada di Mobil

Posted on

Inilah Fungsi Pegas Radial Pada Plat Kopling, Yang Berada di Mobil – Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa sih fungsi pegas radial yang berada di plat kopling. Sebelum membahas pegas radial kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara kerja sistem kopling pada kendaraan. Kopling berfungsi untuk memutus dan menyambungkan putaran mesin yang selanjutnya di salurkan ke komponen penggerak seperti roda. Pada sistem kopling tersebut terdapat komponen yang bernama pegas radial yang berada di plat kopling. Lantas apa sih fungsi dari pegas radial tersebut ? Berikut ini kami jelaskan fungsi dari pegas radial yang berada di plat kopling.

Fungsi Pegas Radial :

Fungsi pegas radial yang berada di palt kopling yaitu untuk meredam kejutan atau getaran pada saat kopling terhubung sehingga di peroleh proses penyambungan yang halus dan juga getaran atau kejutan selama menghubungkan.

Inilah Fungsi Pegas Radial

Maka dari itu pegas radial harus mampu menerima gaya radial yang terjadi pada saat plat kopling mempunyai elastisitas yang baik. Akan tetapi demikian jika dalam penggunaan yang terus menerus maka pegas radial yang berada di plat kopling tersebut akan mengalami kerusakan. Keausan pada komponen tersebut yaitu pada karet atau seal yang akan berkurang atau mengikis, malah bisa jadi karet tersebut akan keras dan pecah.

Sedangkan untuk untuk pegas ulir, kemungkinan besar akan berkurang panjang bebasnya, yang biasanya di tunjukan dengan terjadinya kelonggaran pada pegas rumahnya dan akan menimbulkan suara yang tidak enak di dengar oleh pengemudi.

Nah, itulah fungsi pegas radial pada plat kopling, yang bisa kami terangkan untuk anda. Semoga dengan adanya artikel tersebut bisa menambah pengetahuan anda dalam dunia otomotif, tentunya di komponen – komponen kopling yang berada di kendaraan mobil. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *