Inilah Cara Membersihkan Injektor mobil, Tanpa Harus Membawa Ke Bengkel

Posted on

Inilah Cara Membersihkan Injektor mobil, Tanpa Harus Membawa Ke Bengkel – Sebelum kali memberikan informasi mngenai cara membersihkan injector mobil EFI dengan alat yang sederhana, adakalanya kami menjelaskan terlebih dahulu fungsi injector pada mobil. Fungsi injector pada mobil yaitu berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang silinder.

Advertisement

Alat injector pada mobil akan berpengaruh penting terhadap performa yang di hasilkan oleh mesin, jika injector tersebut tersumbat maka mobil akan mengalami akselerasi yang kurang pada mesin dan mesin juga akan mengakibatkan kendala brebet. Jika hal tersebut terjadi pada mobil anda, anda akan ragu jika anda ingin mendahului mobil yang ada di depan kita pada saat di jalan dan atau RPM pun tidak bisa akan naik di atas 3000 RPM. Itu adalah salah satu contoh yang pernah kami temui.

Nah, untuk membersihkan injector anda bisa melakukannya di bengkel – bengkel mobil yang sudah mempunyai alat Injektor cleaner, sedangkan untuk membersihkan injector mobil sendiri saya kurang sarankan untuk anda, kecuali memang anda sudah pernah membersihkan injector sendiri. Pasalnya ada beberapa hal yang harus anda ketahui untuk perlu melakukannya.

Advertisement

Inilah Cara Membersihkan Injektor mobil sendiri

Berikut ini adalah langkah untuk membersihkan injector pada mobil EFI :

  • Pada langkah awal sebelum anda membersihkan injector, perlu anda ketahui terlebih dahulu yakni membersihkan atau mengganti fuel filter atau saringan mensin. Karena jika saringan mensin tersebut tidak terlebih dahulu di bersihkan maka anda akan sia – sia saja karena kotoran pada fuel filter akan kembali naik ke injector.
  • Nah, jika anda sudah membersihkan saringan mensin, selanjutnya hidupkan mesin dan setelah mesin hidup bukalah relay fuel pump atau sekring injector, yang intinya pada hal terebut yakni untuk memutuskan arus listrik ke fuel pump bensin. Setelah itu tunggulah beberapa detik sampai mesin mati sendiri yang artinya bahwa sudah tidak ada lagi tekanan pada saluran bahan bakar. Hal tersebut bertujuan supaya sewaktu melepas sambungan pipa bensin atau ketika melepas injector tidak ada bahan bajar yang tumpah.
  • Matikan mesin melalui kunci kontak dan lepaskan terminal aki negative. Yang harus anda perhatikan bahwa melepas aki terkadang ada beberapa item yang perlu di seting ulang.
  • Langkah selanjutnya yaitu bukalah pipa fuel delivery atau yang biasa di sebut juga dengan selang bensin yang dekat dengan injector. Nah, untuk mencopot injector atau embuka injector tergantung kontruksi mesin, pasalnya setiap mesin mobil berbeda – beda kontruksinya ada yang mudah dan ada juga yang sulit untuk di lepas.
  • Ketika anda membuka injector dari delivery pipe haruslah hati – hati jangan sampai ada seal injector yang rusak, cacat atau juga putus. Jika seal injector rusak anda bisa membelinya di bengkel – bengkel mobil mobil atau bengkel Ac Mobil, biasanya banyak seal yang sesuai tingga anda bawa contohnya saja seal yang sudah rusak tersebut.
  • Jika injector sudah anda lepaskan, langkah selanjutnya yaitu anda buka dengan hati – hati seal injector jangan sampai rusak. Seal injector di buka supaya seal injector tidak terkena cairan pembersih injector yang masi merusak karet atau seal injector.
  • Langkah selanjutnya yaitu bersihkan bagian luar permukaan injector dengan pembersih injector atau yang sering di sebut juga dengan Injektor cleaner, biasanya pada ujung – ujung injector banyak menempel karbon.
  • Karena di sini kami memberikan topik cara membersihkan injector mobil sendiri, langkah selanjutnya adalah pasang adaptor yang sudah di buat seperti di bawah ini. Pasang injector cleaner, dan siapkan aki dengan daya listrik 12v, pasanglah salah satu kabel negative aki dan ujungnya pasang ke salah satu terminal injector, kemudian pasang kabel satu lagi ke terminal injector yang lain.

Inilah Cara Membersihkan Injektor mobil

  • Biasanya pada injector mobil EFI mempunyai dua terminal, yakni di antaranya terminal positif dan juga negative, Ketika anda memasang soket kabel ke kedua terminal injector, bungkus soket tersebut dengan emnggunakan solasi untuk mencegah konsleting, karena ke dua terminal tersebut bberdekatan. Jika bisa gunakanlah soket khusus untuk menyambung kabel injector.

Tekanlah injector cleaner supaya terisi cairan pembersih bertekanan di dalam adaptor injector, Pastikan juga adaptor sudah di klem dengan kuat, dan hati – hati juga agar cairan pembersih tidak mengenai mata anda atau gunakanlah kacamata untuk melindunginya.

Jika cairan pembersih injector pertekanan sudah masuk dalam adaptor, maka langkah selanjutnya yaitu putus kabel satunya yang berada di injector ke terminal aki positif atau bisa pergunakan dengan saklar, proses pembersian lubang kecil injector pun di mulai.

Semprotan injector cleaner akan kelur saat kabel positif injector di hibungkan ke terminal aki positif. Perhatikan cairan bembersih injector yang keluar harus terlihat lebut dan juga baik. Lakukanlah pembersihan injector tersebut satu per satu. Dengan membersihkan semua injector mobil anda sedidaknya harus memerlukan satu sampai dua botor injector cleaner.

Setelah injector sudah bersih, pasang kembali dengan hati – hati dan pasang juga seal injektornya. Pasang injector ke fuel delivery pipe dan pasang kembali injector ke mesin dan pasang juga beberapa perlengkapan mesin yang tadi telah anda bongkar.

Terakhir cobalah anda rasakan perbedaan tenaga setelah injector di bersihkan dengan sebelum injector di bersihkan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *