Cara Mudah Membuat Lampu Hazard di Sepeda Motor

Posted on

Cara Mudah Membuat Lampu Hazard di Sepeda Motor – Siapa yang belum yau lampu hazard hayoo ? lampu hazard itu loh yang sering di pake sama kendaraan roda empat alias mobil, lampu hazard adalah lampu yang memandakan lampu siaga, lampu tersebut juga sering kali di gunakan untuk keadaan ketika terjadi darurat, tombol lamu hazard ini bisanya terletak di dashboard mobil tombolnya yang berwarna merah dan ada gambar segitiganya. Pada sepeda motor memang tidak di berikan atau di sediakan penggunaan lampu hazard. Malaupun demikian lampu tersebut sering kali di gunakan oleh para rider yang hendak touring, memodifikasi motornya dengan menarohkan lampu hazard pada lapu seinnya yang bisa menyala berbarengan seperti yang ada di mobil. Nah jika anda inggin membuat lampu hazard pada sepeda motor, berikut ini kami berikan cara dan langkah – langkah untuk membuat lampu hazard di sepeda motor.

Cara untuk membuat lampu hazard atau lampu segitiga di sepeda motor yakni lumayan mudah dan juga simpel, yakni anda tinggal menghubungkan antara lampu sain kiri dan juga lampu sain kanan. Hanya saja pada flasher pada motor tidak kuat untuk mengedipkan sekaligus empat lampu sain. Nah, mari kita bahas dulu pengertian dari piranti flasher. Flasher yaitu berfungsi untuk untuk memotong dan menyambungkan arus listrik ke lampu sain sehingga lamu sain dapat berkedip. Solusi untuk membuat lampu hazard di sepeda motor yaitu anda harus terlebih dahulu untuk mengganti flasher tersebut dengan flasher yang telah di gunakan pada mobil.

Cara Mudah Membuat Lampu Hazard di Sepeda Motor

Anda tidak usah khawatir baterai pada motor anda tekor atau rusak pada komponen lainnya, mungkin dampaknya yaitu hanya lampu sain akan berkedip cepat ketika menggunakan dua lampu sain depan dan belakang. Seperti yang telah kita ketahui bahwa letak flasher pada sepeda motor berbeda – beda, seperti yang kami telah ketahui di motor Honda CB150R, letak flashernya berada di dalam lampu utama dan pada motor bebek bisanya terletak di sebelah kanan dekan dengan aki/baterai. di bawah ini adalah langkah – langkah pembuatan lampu hazard

Alat dan bahan :

  • Falsher mobil
  • Kabel
  • Saklar
  • Solasi
  • Obeng

Cara Membuatnya Lampu Hazard :

  1. Pertama anda bongkar tersebih dahulu bodis amping dan anda cari di mana letak flasher berada.
  2. Nah, jika anda suah menemukannyasilahkan ganti dengan flasher mobil
  3. Pada flasher mobil ada tiga kaki, yakni duakaki bisa langsung anda hubungkan dengan soket dan sedangkan satu kaki silahkan di sambung dengan menggunakan kabel bodi motor
  4. Nah, jika pemasangan sudah benar, silahkan nyalakan lampu sain dan lampu sain akan hidup seperti sedia kala, hanya saja pada kedipan lampu sainnya lebih depat.
  5. Bagi anda yang ingin membuat lampu hazard, silahkan bongkar batok lampu.
  6. Carilah kabel bermuatan positif ke dua lampu sainkanan dan kiri
  7. Jika anda suah menemukan kabel positifnya, maka sambungkan keduanya. supaya lampu sain masih bisa di gunakan seperti sedia kala gunakan saklar untuk menyambungnya.

Nah, sekarang lampu hazard di sepeda motor anda sudah jadi. tempatkanlah saklar pada posisi on dan hidupkan lampu sain, maka ke empat lampu sain akan berkedep secara bersamaan. Untuk mematikan lampu hazard anda tunggal tekan off pada saklar tersebut, maka lampu sen akan menyala pada sedia kala lagi.

Itulah cara mudah untuk membuat lampu hazard di sepeda motor anda. Semoga artikel di atas bisa menjadi bahan referensi anda dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *