Cara Mudah Membuat Kunci Pengaman di Sepeda Motor

Posted on

Cara Mudah Membuat Kunci Pengaman di Sepeda Motor – Saat ini sudah marak sekali yang namanya pencurian sepeda motor. Berbagai modus pun sudah di lakukan untuk mengelabuhi para pemilik kendaraan terutama pada kendaraan bermotor. Kita yang sebagai pemilik kendaraan tentunya di tuntut untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap banyaknya pencurian kendaraan. Dengan hanya menggunakan kunci stang saja saat ini tidak cukuk untuk menjamin keselamatan motor kita terhadap pencurian.

Maka dari itu kita memerlukan pengamanan tambahan dan khusus untuk menjamin kendaraan kita selalu amana dari pencurian. Nah maka dari itu kita perlu sebuah keamanan khusus untuk sepeda motor kita. Lantas bagai mana kah cara untuk membuat kunci pengaman pada sepeda motor ? Berikut ini kami berikan cara membuat kuci pengaman pada sepeda motor.

Cara Mudah Membuat Kunci Pengaman di Sepeda Motor

Cara Membuat Kunci Pengaman Di Sepeda Motor :

1. Pertama anda siapkan terlebih dahulu bahan – bahan untuk membuat kunci pengaman pada depeda motor yaitu

  • Relay yang memiliki 6 atau juga 8 terminal
  • Saklar
  • Kabel
  • Timah dan juga solder

2. Langkah ke dua yaitu rangkailah semua bahan tersebut sesuai yang ada di gambar berikut ini.

Rangkaian kunci pengaman pada sepeda motor

3. Pada terminal C dan B pada gambar di atas adalah gambar terminal 85 dan juga 86 pada komponen relay. dan pada terminal D dan E ialah terminal 87 dan 30 pada komponen relay.

4. Pada bagian saklar A anda bisa memakai lampu sein ataupun klakson. Saklar tersebut adalah saklar utama, jadi jika saklar tersebut belum di aktifkan maka sepeda motor anda tidak bisa di hidupkan mesinnya.

5. Selanjutnya taroh/letakan saklar H di tempat yang paling rahasia. Pada saklar H ini hanya berfungsi sebagai by pass saat kunci pengaman tidak berfungsi.

Cara Kerja Pada Rangkaian Kunci Pengaman Sepeda Motor :

Saat kunci kontak dalam keadaan On, maka aliran arus listrik mengalir ke terminal D saja. Nah, baru saat saklar A dalam artian sein/klakson atau juga keinginana anda di aktifkan arus listrik akan mengalir ke kuparan relay B segingga terjadilah kemagnetan.

Pada kemagnetan ini akan menghubungkan terminal D dan E sehingga, walaupun saklar A di matikan atau di non aktifkan arus listrik akan tetap mengalir ke kumparan komponen relay. Nah, pada saat itu juga pada terminal F dan G akan terhubung, sehingga aliran listrik dari CDI akan di teruskan ke Coil pengapian. Itulah cara kerja rangkaian kunci pengaman pada sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *