Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok Kehabisan Bahan Bakar

Posted on

Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok Kehabisan Bahan Bakar – Pernahkah anda mengalami motor injeksi anda mogok karena kehabisan bensin atau bahan kanar ? Ya tentu saja yang namanya kehabisan bahan bakar ya akan mobok.. hehe.. Namun kali ini yang kita bahas ialah pada motor injeksi yang mogok karena kehabisan bensin atau bahan bakar. Tentu saja pada sepeda motor injeksi yang mogok karena kehabisan bensin akan susah di hidupkan kembali. Hal tersebut di karenakan bahan bakar atau bensin di butuhkan jeda waktu untuk mengisi selang saluran bahan bakar hingga mencapai ke injector nozzle. Nah, pada saat saluran selang bahan bakar tersebut kering atau kosong maka mesin tidak akan bisa di hidupkan.

Advertisement

Nah, untuk anda yang sudah paham mengenai teknologi injeksi konvensional pastinya anda memahami. Kita lihat di teknologi mesin diesel atau mesin yang menggunakan bahan bakar solar. Solar yang berada di tengki akan di sedot oleh pompa injector yang selanjutnya di pompa ke nozzle pengabut. Nah pada saat tangki bahan bakar kosong maka saluran akan kosong dan disitulah akan ada udara. Terus jika anda ini kembali bahan bakar, maka biasanya pada mesin diesel jaman dulu anda harus membuang angin sehingga saluran bahan bakar terisi kembali sampai ke pompa injector. Hal tersebut mirip dengan teknologi injeksi jaman sekarang.

Inilah Trik Memperbaiki Motor Injeksi Mogok Kehabisan Bahan Bakar

Advertisement

Lantas bagaimana pada system injeksi yang berada di sepeda motor ? Berikut ini kami berikan informasi untuk anda cara mengatasi sepeda motor injeksi anda mengalami mogok karena kehabisa bahan bakar. Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa pada mesin injector yang berada di sepeda motor juga sama . Namun bedanya pada saat tangki bensin pada sepeda motor injeksi di isi bahan bakar kembali, maka fuel pump yang berada di dalam tangki motor injeksi akan langsung memompa kembali bensin melalui saluran bahab bakar. Akan tetapi di sini terdapat jeda waktu hingga sampai ke saluran bahan bakar terisi kembali.

Anda berfikir jadi harus membuang angin pada saluran tersebut ? tidak, pasalnya pada system injector pada sepeda motor yang bersistem injeksi. Karena menurut informasi yang telah kami dapatkan , pada system injeksi yang terdapat pada sepeda motor, bensin di pompa dengan menggunakan system One Way. Jadi secara simple pada system injeksi Honda, bahan bakar setelah sebelumnya memlalui filter di pompa dengan menggunakan tekanan yang berkisar 294 kPa. Nah, tekanan akan di kurangi dengan cara mengeluarkan sebagian cairan yang di pompa dan selanjutnya di alirkan kembali ke tangki menggunakan komponen regulator.

Maka dari itu jika anda mengalami motor injeksi anda mogok karena kehabisan bensin atau bahan bakar, yang harus anda lakukan yaitu :

  1. Pertama isilah bensin terlebih dahulu pada motor injeksi anda.
  2. Kedua yakni setelah anda mengisi bahan bakar lalu putar kunci kontak ke mode On.
  3. Setelah kunci kontak di on, biarkan terlebih dahulu hingga beberapa saat. Biasanya pompa yang berada di dalam tangki akan berbunyi yang menandakan bahwa sedang bekerja atau memompa.
  4. Nah, jika pompa bahan bakar sudah berhenti, cobalah anda starter motor injeksi anda.

PERHATIAN: jika motor injeksi anda sering kehabisan bensin maka umur dari fuel pump tidak tahan lama atau cepat rusak. Jadi memang seharusnya pada sepeda motor injeksi jangan sampai kehabisan bahan bakar. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk anda mengenai sepeda motor injeksi yang mogok karena kehabisan bahan bakar atau bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *