Cara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda Motor Mati

Posted on

Cara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda Motor Mati – Mungkin kita sering bertanya mengenai cara memperbaiki lampu serin mati pada sepeda motor. Lampu sein pada sebuah kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat begitu vital keberedaanya, maka kita perlu merawatnya secara rutin

Lampu serin merupakan komponen penting yang begitu dibutuhkan pada sbeuah kendaran, apalagi jika sedang berkendara dijalanan yang terbilang padat. Penting sekali keberadaannya untuk menandakan berbeloknya kendaraan, baik ke kanan maupun ke kiri. Keberedaan lampu sein juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Komponen seperti flasher, bohlam lampu, kabel penghantar arus listrik dan saklar ikut andil dalam berfungsi atau tidaknya lampu sein. Jika salah satu dari komponen tersebut rusak, maka bisa dipastikan lampu sein tidak akan berfungsi.

Memperbaiki Lampu Sein Sepeda Motor Mati

Flasher, salah satu komponen penting yang selalu ada pada kendaraan yang fungsinya menyalakan lampu sein belok ke kanan atau kiri bisa juga lampu hazard agar lampu sein otomatis berkedip. Lantas, bagimana cara memperbaiki lampu sein mati pada sepeda motor? Berikut cara mudah dan cepat untuk anda.

Cara Mudah Memperbaiki Lampu Sein Mati Pada Sepeda Motor :

  1. Lepas batok lampu “rumah lampu” terlebih dulu.
  2. Lalu copot bagian flasher di terminal atau cop kabel, periksa lebih teliti mungkin saja hanya bagian socket yang longgar, coba untuk lepaskan dan pasangkan lagi.
  3. Jika bukan dibagian flasher, periksa rangkaian kabel lampu sein baik yang kanan dan kiri, apakah ada yang terputus.
  4. Kalau terdapat kabel yang putus, hubungkan cop kabel tersebut ldengan kabel dibagian jumper ke socket, tanpa sambungan ke flasher.
  5. Sekarang cek dengan cara menyalakan lampu sein bergantian dari kanan lalu ke kiri.
  6. Jika menyala walaupun lampu sein tak bekerja kedip, kemungkinan flasher telah rusak.
  7. Namun kalau lampu sein masih mati, kerusakan tidak hanya terjadi pada flasher saja, mungkin juga rangkaian kabel penghubung yang mesti anda cek dan perbaiki. Periksa juga saklarnya, masihkah berfungsi normal.

Baca juga artikel : Memperbaiki Rem Cakram Macet Pada Mobil

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang Cara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda Motor yang mati atau tidak berkedip. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *